Google
 

Rabu, 12 September 2007

TIPS AGAR KANDUNGAN GIZI MAKANAN TETAP BAIK

Selain cara memasak makanan, membeli pun berpengaruh . Artinya saat kita membeli bahan makanan, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Tentu saja ini ada pengaruhnya dengan berkurangnya gizi makanan tersebut.

Beberapa hal yang patut Anda perhatikan;
· Untuk ikan, sebaiknya membeli ikan yang masih segar. Jangan membeli yang sudah berubah warna dan berbau tidak sedap. Ikan yang seperti ini rendah mutunya dan sudah banyak kehilangan kandungan vitamin. Lihat juga insangnya, yang baik adalah yang masih merah, jika warnanya sudah agak kehitaman, berarti sudah tidak segar, atau sudah lama.
· Belilah sayuran, yang masih segar. Hindari yang sudah layu, baik layu karena benturan, sudah terlampau matang, atau karena sudah terlalu lama dibiarkan di udara terbuka. Vitamin pada sayuran yang sudah layu biasanya sudah banyak berkurang.
· Belilah daging yang tidak berlemak karena lebih banyak mengandung vitamin, mineral dan protein dibandingkan daging yang banyak lemaknya. Daging tanpa lemak juga rendah kolesterol. Seperti halnya ikan, daging pun pilih yang warnanya merah segar.
· Telur, ditinjau dari segi gizi, telur yang berkulit coklat maupun putih tidak ada bedanya baik dari segi vitamin maupun kandungan gizinya. Karena itu, belilah yang lebih murah harganya. Namun sebaiknya pilih yang masih bagus kulitnya. Telur yang sudah retak dan menimbulkan bau jangan dibeli.
· Susu, jika membeli susu atau produk olahannya yang dikemas dalam karton, sebaiknya perhatikan batas tanggal kadaluwarsanya. Pilihlah yang bisa lebih lama bertahan untuk menjamin kesegaran rasa dan terpeliharanya vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya.

Tidak ada komentar: