Google
 

Rabu, 12 September 2007

TIPS MADU SI MAKANAN SUPER

Ingin tahu rahasia agar stamina tubuh tetap terjaga dan terlihat awet muda? Rutinlah minum madu setiap hari.

Begitulah kira-kira bunyi slogan tentang manfaat madu yang sering kita dengar. Madu memang menyehatkan dan itu tidak perlu diragukan lagi. Tetapi untuk menjadikannya sebagai konsumsi sehari-hari, madu masih sering terlewatkan.

Khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Madu banyak dipakai sebagai makanan, obat, sampai bahan kecantikan. Sifatnya yang terapeutik (mengobati penyakit) dan mudah diserap oleh tubuh, membuat madu dengan cepat memulihkan tenaga dan membantu proses penyembuhan dari penyakit.

Madu dapat mengobati penyakit sulit tidur, batuk, luka bakar dan mengurangi kejang perut, madu juga bisa menghilangkan kebiasaan mengompol pada anak-anak. Selain itu juga madu juga mampu membantu menyembuhkan anemia, tukak lambung (maag), radang usus serta dapat menguatkan jantung dan ginjal. Tidak hanya itu, madu juga dipercaya dapat membuat kita panjang umur!

Madu dihasilkan oleh lebah madu. Madu sendiri berasal dari nektar (cairan dalam bunga yang manis rasanya) yang dikumpulkan oleh lebah pekerja. Untuk mendapatkan hasil madu yang baik, madu harus dipanen dalam usia yang tepat, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua, yaitu ketika kadar air yang terkandung di dalam madu hanya 20% dan sel (kamar-kamar) sarang lebah telah tertutup lilin semua.

Komponen utama madu adalah fruktosa, glukosa dan sukrosa. Selain itu, madu juga mengandung beberapa mineral penting seperti natrium, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, besi, kalium dan fosfor yang tersusun dengan kadar mendekati komposisi mineral darah manusia. Juga terdapat protein dan vitamin B1, B2, K dan C serta beberapa enzim yang dapat membantu proses pencernaan. Kalau diperhatikan dari komposisinya, tak heran kalau madu bisa menyehatkan tubuh.

Nilai gizi semua jenis madu dari bermacam-macam jenis madu sebenarnya tidak jauh berbeda. Tetapi, biasanya pembeli lebih memilih madu dengan mempertimbangkan warna, aroma dan harga.

Untuk memperoleh manfaat madu, cukup dengan mengkonsumsi dua sdm madu setiap pagi dan sore.

Sumber: clickwok.com

Tidak ada komentar: