Google
 

Kamis, 26 Juli 2007

10 makanan anti kanker

Hari demi hari, studi demi studi dilakukan untuk menemukan cara pencegahan dan mengurangi resiko kanker. Makan ini, jangan makan itu. Minum ini, jangan makan itu. Banjirnya informasi bisa membingungkan. Tapi satu yang jelas, penyebab kematian karena kanker sepertiganya disebabkan nutrisi buruk. Studi telah menunjukkan makanan kaya vitamin berikut ini bisa menghindari kanker.

1. Tomat Buah ini mengandung antioksidan vitamin C yang besar dan lycopene. Vitamin C mempertinggi sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas penyebab kanker. Lycopene adalah zat yang bisa mencegah resiko kanker pencernaan, mulut, ginjal, cervix, usus dan prostat.

2. Buah-buahan. Brokoli, kubis merah, kembang kol, bit merah, adalah kelompok buah-buahan yang mengandung phytochemical pembasmi kanker, termasuk sulforaphane, beta-carotene, dan indokarbinol.

3. Bayam Sayuran hijau ini mengandung antioksidan seperti glutathione, vitamin C, beta-carotene, folic acid dan carotenoids. Wortel oranye juga mengandung sumber beta-carotene dan carotenoids, zat kimia yang mencegah berbagai kanker.

4. Biji-bijian Biji-bijian bagus untuk mencegah kanker payudara. Kacang kedelai merupakan penyedia protease sehingga sel kanker tidak menyebar ke dalam tubuh dan mengandung isoflavones yang melindungi dari kanker payudara. Biji fava membasmi carsinogens, mengurangi resiko kanker pencernaan.

5. Merica Mengandung capsaicin yang bisa membasmi carsionogens dari rokok dan makanan lain. Merica bagus untuk melindungi kanker paru-paru.

6. Bawang putih
Membasmi carsinogens dengan organosulfides dan allicinthus, membantu melindungi tubuh dari kanker payudara.

7. Jeruk Membasmi bioflavonoids, dan vitamin C nya mendorong sistem kekebalan tubuh. Jeruk juga mengandung 170 zat photokimia, termasuk carotenoids. Sebagai tambahan, limonoids ditemukan pada jeruk dan buah-buahan bersari lainnya yang mendorong sistem kekebalan tubuh dan membasmi kanker.

8. Aneka buah berry.
Strawberry, blueberry, cranberry, raspberry dan anggur merah serta ungu, mengandung warna gelap dari anthocyanins yang bisa menetralisir carsinogens. Berry juga mendorong flavonoids, antioksidan yang mencegah kanker.

9. Makanan tinggi serat
Makanan seperti gandum, cereal dan apel, melindungi tubuh dari kanker pancreas dan pencernaan serta menghilangkan toxin dari tubuh. Apel memberi tambahan pencegah kanker dengan ellagic acidnya. Ellagic acid adalah sel belahan kanker yang bisa berkembang dalam sel kanker payudara, pankreas, esophageal, kulit dan usus serta prostat.

10. Teh hijau dan hitam
Manfaat teh ternyata juga bisa untuk mencegah kanker. Teh mengandung antioksidan seperti polyphenols yang mengandung catechin. Apakah diminum dingin, panas atau hangat, teh bisa mencegah kanker. (*/rin)

Tidak ada komentar: