Google
 

Kamis, 26 Juli 2007

bapao isi kacang hijau

Bahan :
Isi :
150 gr kacang hijau kupas yang telah direndam semalam
125 gr gula pasir
100 ml air
- - Garam secukupnya
- - Vanili secukupnya

Biang : (Buat sehari sebelumnya)
1 sdt ragi roti
125 ml air hangat
250 gr tepung terigu

Kulit :
125 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
100 gr gula pasir
1 sdm margarin
½ sdm air khi
2 sdm air

Pelaksanaan :
1. Isi : Kukus kacang hijau kupas dengan garam, vanili dan gula. Aduk-aduk sampai hancur dan mengering. Bagi adonan menjadi 12 bulatan.
2. Biang bapao : Rendam ragi dalam air hangat selama 5 menit sambil diaduk sebentar. Setelah ragi hancur masukkan tepung terigu uleni sampai adonan tidak melekat di tangan. Taruh biang ini ditempat yang tertutup dan diamkan selama ± 12 sampai 15 jam ( semalam )
3. Kulit bapao : Campur biang dengan tepung terigu, baking powder, gula, margarin dan air khi. Uleni sambil diberi 2 sdm air setelah adonan terasa lembut dan tidak melekat lagi ditangan. Istirahatkan selama 15 menit lalu bagi menjadi 12 bulatan.
4. Cara membentuk bapao : Tipiskan satu bagian adonan kulit, sehingga bergaris tengat kurang lebih 9 cm. Taruh 1 bulatan adonan isi ditengahnya lalu tutup dengan mengumpulkan bagian pinggir ke tengah sambil ditekan-tekan sedikit demi sedikit supaya rapat. Letakkan bapao di atas sehelai kertas roti atau daun pisang yang diolesi minyak goreng. Letakkan bagian atas yang dirapatkan dibawahnya.
5. Kukus bapao dalam dandang yang mendidih airnya selama 15 menit sampai matang.

Tidak ada komentar: