Google
 

Senin, 30 Juli 2007

bolu kukus keju

Bahan:
200 gr gula pasir berbutir halus
2 butir telur ayam
1 sdt cake emulsifier (TBM / SP)
220 gr tepung terigu
30 gr cokelat bubuk
1 sdt vanili bubuk
100 ml MILKMAID® KENTAL MANIS COKELAT larutkan dengan 150 ml minuman bersoda manis kalengan
100 gr keju Cheddar, iris dadu
½ cm50 gr keju Cheddar, parut kasar untuk taburan
- - kertas roti, gunting sesuai ukuran cetakan bolu kukus

Cara membuat :
1. Alasi cetakan bolu kukus dengan kertas roti, bentuk yang rapi. Didihkan dandang di atas api besar, bungkus tutup dandang dengan serbet, sisihkan.
2. Kocok gula pasir , telur dan cake emulsifier hingga mengembang, kental dan berwarna putih.
3. Kurangi kecepatan mixer, masukkan sebagian tepung terigu, cokelat bubuk dan vanili bubuk sambil terus kocok searah hingga rata. Tuangi sebagian larutan MILKMAID®, aduk rata dengan spatula. Tuangkan sisa tepung terigu dan sisa larutan MILKMAID® , aduk rata searah.
4. Tambahkan 100 gr keju Cheddar iris dadu, aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus hingga penuh. Taburi dengan keju Cheddar parut.
5. Taruh dalam dandang panas, tutup, kukus selama 20 – 25 menit di atas api besar tanpa membuka tutupnya hingga bolu merekah dan matang. Angkat, biarkan uapnya hilang dan dingin. Taburi kembali dengan keju Cheddar parut jika suka.

Tips : Membentuk alas cetakan bolu kukus yang cantik: gunting kertas roti bentuk segiempat. Taruh di atas cetakan tepat di tengah-tengahnya. Dorong kertas roti ke arah dasar cetakan dengan bantuan ujung-ujung jari tangan yang dirapatkan. Rapikan pinggirnya agar cetakan bolu teralas rata.

Tidak ada komentar: