Google
 

Senin, 30 Juli 2007

bolu kukus kacang hijau

Bahan:
200 gr gula pasir
3 butir (200 gr) telur ayam
1 sdt cake emulsifier (TBM / SP)
200 gr tepung terigu
½ sdt vanili bubuk
75 ml MILKMAID® Kental Manis Cokelat larutkan dengan 60 ml minuman bersoda manis kalengan

Isi kacang hijau:
75 gr kacang hijau kupas siap pakai, rendam selama 2 jam, tiriskan
2 sdm MILKMAID® Kental Manis Putih
400 ml air
1/8 sdt garam
½ sdt vanili bubuk
1 tetes pewarna kuning, jika perlu plastik/kertas roti, gunting sesuai ukuran loyang

Cara membuat :Isi kacang hijau:
1. Masak kacang hijau, MILKMAID® Putih dan semua sisa bahan di atas api sedang hingga kacang hijau empuk. Angkat, biarkan uapnya hilang.
2. Proses kacang hijau rebus berikut air perebusnya dalam blender hingga agak halus.
3. Panaskan kembali kacang hijau di atas api sedang, bubuhi pewarna kuning jika perlu. Masak hingga kering. Angkat, sisihkan.

Bolu :
1. Alasi loyang bervolume 1 liter (22 cm x 5 cm x 7 cm) dengan plastik, bentuk yang rapi, olesi minyak atau alasi dengan kertas roti dan olesi margarin. Panaskan dandang di atas api besar, bungkus tutup dandang dengan serbet, sisihkan.
2. Kocok gula pasir, telur dan cake emulsifier hingga mengembang, kental dan berwarna putih.
3. Kurangi kecepatan mixer, masukkan sebagian tepung terigu-vanili, aduk rata searah.
4. Tuangi sebagian larutan MILKMAID® Cokelat, aduk rata dengan spatula karet. Tuangkan sisa tepung terigu dan sisa larutan MILKMAID® Cokelat, aduk rata searah.
5. Tuang sebagian adonan ke dalam loyang. Taruh ¾ bagian isi kacang hijau di tengah-tengah, ratakan. Tuangi dengan sisa adonan. Bubuhi atasnya dengan sisa isi kacang hijau.
6. Taruh dalam dandang panas, tutup, kukus selama 20 – 25 menit di atas api besar tanpa membuka tutupnya hingga bolu merekah dan matang. Potong-potong sesuai selera.

Tips :
· Pilih kacang hijau yang sudah dikupas untuk isi bolu agar tampilan bolu lebih cantik. Masak kacang hijau hingga seperti kering dan lembut.
· Agar isi kacang hijau menyebar rata dan tidak tenggelam, bagi isi kacang hijau menjadi beberapa bagian, taruh dengan cara disebarkan di atas permukaan adonan bolu hingga rata.
· Pastikan isi kacang hijau untuk bolu kukus ini matang dan agak kering agar kue tidak cepat basi.
· Jika tidak habis dalam sekali santap, bolu bisa disimpan dalam lemari pendingin. Hangatkan kembali dalam dandang panas jika akan disajikan.

Tidak ada komentar: