Google
 

Selasa, 09 Oktober 2007

MERACIK MAYONES YANG LEZAT

Saat menyajikan salad, biasanya yang paling laku atau digemari adalah saus thousand islands. Padahal dengan sedikit kreasi banyak ragam saus salad berbahan dasar mayones bisa Anda racik sendiri. Simak saja info kompletnya termasuk cara membuat mayones sendiri!

Dari Prancis : Mayonnaise dikenal di Prancis sejak abad 18. Saus yang terdiri dari kuning telur, cuka, air jeruk lemon, merica dan garam ini sangat disukai karena rasanya yang sangat gurih. Kini, tak hanya di Eropa tetapi hampir diseluruh dunia orang mengenal mayones. Bahkan kreasi mayones menjadi sangat berkembang tergantung selera lokal. Karena itu pula mayonespun diproduksi secara massal dalam kemasan botol kaca sehingga mudah digunakan setiap saat.

Buatan Sendiri : Jika ingin membuat mayones sendiri, caranya tidak sulit. Hanya saja hasilnya memang tidak seperti buatan pabrik. Warnanya lebih kekuningan dan rasanya tentu saja lebih enak dan segar. Untuk membuatnya, kocok 2 kuning telur ayam dengan 21 sdm cuka apel atau cuka yang lain hingga kental. Tambahkan 250 ml minyak olive (masukkan secara bertahap) sambil kocok hingga kental dan menyatu. Masukkan 1 sdm mustard Dijon dan 1 sdm air jeruklemon, 1/2 sdt merica bubuk dan 1/2 sdt garam. Kocok hingga kental. Mayones siap digunakan.

Racikan Baru : Jika bosan dengan saus thousand islands, bisa Anda coba kreasi saus yang baru dengan memakai mayones dan bahan lainnya. Mayones kari (tambahkan bumbu kari bubuk pada mayones), mayones wasabi (tambahkan wasabi, bawang putih parut, sedikit kecap Jepang dan air jeruk nipis), mayones acar (tambahkan acar mentimun dan acar cabai yang dicincang halus). Racikan lain tentu saja bisa Anda ciptakan dengan memakai bahan dan bumbu yang menarik. Misalnya, yoghurt, minyak cabai, saus Thai, saus cabai Korea, saus rendang, dll.

Kandungan Lemak : Mayones terbuat dari telur atau kuning telur karena itu sangat kaya akan protein dan juga lemak. Jika ingin mengurangi konsumsi lemak, pakai mayones yang rendah lemak atau tanpa lemak. Bisa juga dipadu dengan yoghurt yang rendah lemak atau krim asam yang rendah lemak. Kecuali rasanya lebih enak, kandungan lemaknya juga tidak terlalu banyak.

Tidak ada komentar: